Kamis, 10 Juni 2010

Internet Advertising

Internet Advertising memiliki banyak istilah yang umum digunakan dan wajib diketahui. Namun, berikut kami pilihkan istilah-istilah dasar yang sering digunakan di Indonesia. Apa saja istilah tersebut?

IMPRESSION / AD VIEW
Jumlah kemunculan atau tertayangnya sebuah banner.
Gampangnya, impression sering kali diartikan sebagai, beberapa kali sebuah banner dilihat oleh user.

CLIKCS
Jumlah klik yang terjadi pada banner.
klik yang dimaksud adalah klik yang mengantarkan user menuju website atau landing page yang sudah disiapkan advertiser.

CLICK THROUGH RATE (CTR)
Angka hasil pembagian antara jumlah klik dengan impression.
CTR sering kali menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah campaign. Untuk standar banner ad, biasanya angka CTR minimal adalah 0,1 persen.

CPM (COST PER MILLE / COST PER THOUNSAND)
Harga pemasangan banner setiap 1000 impression.
Pada model seperti ini, harga placement ditentukan berdasarkan jumlah kemunculan banner. Jika sebuah website menjual banner dengan harga Rp6000 CPM, artinya untuk muncul sebanyak 1000 kali, advertiser harus membaya Rp6000.

PPC (Pay Per Click)
Model advertising, di mana advertise hanya membayar berdasarkan jumlah klik yang terjadi pada banner. Klik disini adalah klik yang terjadi pada link yang mengantarkan user ke website atau landing page yang sudah disiapkan advertiser.

PAY PER LEAD
Pada metode Pay Per Lead, advertiser hanya membayar jika user yang datang via banner melakukan pembelian atau mengisi form di website atau landing page.

UNIQUE VISITOR
Adalah angka yang menggambarkan satu orang user yang datang ke sebuah website. Satu Unique visitor bisa melakukan kunjungan ke sebuah website lebih dari satu kali, dan tetap dihitung sebagai satu unique visitor. Angka unique visitor biasanya digunakan sebagai alat untuk menentukan berapa banyak pengunjung sebuah website sesungguhnya.

VISIT
Adalah jumlah kunjungan atau berapa kali sebuah situs diakses.

PAGE VIEW
Juga dikenal sebagai page impressions, merupakan angka yang mengacu pada jumlah halaman yang diakses oleh pengunjung website.

BOUNCE RATE
Merupakan persentase jumlah pengunjung sebuah website yang "melompat" pergi ke situs lain, sebelum mengakses halaman-halaman yang ada di website tersebut.

(sumber : majalah Digital Business - volume 06/2010. halaman : 26)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar